JAKARTA, ariefafrizal.wordpress.com – Aliran musik apa yang sekarang menjadi trend di kalangan anak muda Indonesia? K-Pop, Blues, Rock, atau Jazz? Ya, aliran musik K-Pop yang sedang digandrungi dan menjadi trend saat ini. K-Pop, berasal dari Korea Selatan. Di negara asalnya saja, yang menyanyikan aliran musik ini lebih didominasi oleh grup vokal yang beranggotakan 3 hingga 10 orang. Menyanyi di selingi dengan menari sudah menjadi konsep yang diutamakan. Di Indonesia biasanya disebut Boyband dan Girlband, K-Pop mampu menghipnotis para anak muda Indonesia, khususnya bagi remaja perempuan.

Banyak remaja perempuan yang menggilai aliran musik K-Pop ini, semenjak bermunculan Boyband dan Girlband baru dari Korea yang masuk ke industri musik Indonesia. Dan juga faktor lain sebelum K-Pop terkenal di Tanah Air, adalah drama serinya yang sangat menarik dan mengharukan untuk ditonton. Siapa yang tak kenal Super Junior, salah satu Boyband Korea yang sekarang paling digandrungi oleh anak muda di Indonesia. Super Junior berhasil membawa aliran musik K-Pop ke Indonesia, sehingga bisa dikenal dan diterima dengan baik. Dampak yang paling terlihat adalah, banyak anak muda yang membentuk Boyband dan Girlband. Karena ingin mengikuti trend musik K-Pop saat ini.

Lihat saja kesuksesan yang diraih Boyband Smash dan Girlband Cherry Belle. Kedua grup vokal ini, bisa mencuri kesempatan yang ada dari trend musik K-Pop. Tetapi juga ada saja yang mencemooh karena dianggap meniru penampilan dan menjiplak lirik lagu dari Boyband dan Girlband Korea. Dengan adanya musik K-Pop, maka semakin beragam aliran musik yang ada di Indonesia. Biasanya sesuatu yang sedang menjadi trend, tidak akan bertahan lama. Karena akan ada sesuatu yang lebih baru lagi ke depannya. Memang sah-sah saja musik K-Pop paling di favoritkan oleh anak muda di Tanah Air. Mungkin karena faktor penampilan dari personilnya yang terutama dilihat, daripada menyanyikan lagunya.

Fenomena K-Pop yang begitu menggemparkan, sudah banyak diulas di berbagai media massa. Baik elektronik maupun cetak dan online, lengkap dengan meminta pandangan para ahli untuk menjelaskan mengapa anak-anak Korea itu mampu mendunia. Sejumlah penjelasan untuk keberhasilan mereka itu antara lain: buah dari kerja keras, tim kreatif yang hebat, penguasaan teknologi, menerapkan teknik dan strategi pemasaran yang jitu, dan lain sebagainya. Artinya, K-Pop adalah produk utama dari industri musik Korea Selatan dan industri musik tak lain bagian dari industri kreatif, yakni serangkaian kegiatan ekonomi yang terkait dengan eksploitasi pengetahuan dan informasi.

Industri kreatif ini banyak dikembangkan oleh negara-negara maju yang sadar bahwa kreativitas manusia adalah sumber daya utama bagi perekonomian. Fenomena musik K-Pop dapat menjadi tolak ukur bagi kita semua. Agar dapat berpikir dan bersama-sama menyusun sebuah strategi kebudayaan, untuk menangkal banjir pengaruh dari luar, syukur-syukur mampu menyusun strategi untuk melancarkan serangan balik ke negara-negara lain. Kuncinya adalah, ciptakan sesuatu yang original, memperoleh dukungan dari berbagai pihak, kreatif, dan inovatif. [Arief Afrizal dan Sigit Pamungkas]