Ketika saya memasuki semester VI di jurusan Jurnalistik, ternyata dalam jadwal mata kuliah yang disediakan pihak fakultas FISIP-UPN Veteran Jakarta, ada mata kuliah yang menurut saya sangat mengasyikan. Karena kita dituntut untuk mempelajari seputar dunia internet, mata kuliah tersebut wajib untuk diikuti dan bukan mata kuliah pilihan. Setelah masuk hari pertama kuliah, saya kembali lagi bertemu dengan dosen yang dulu pernah mengajar mata kuliah Penulisan Feature, dia adalah Pak Hagi. kebetulan dia yang mengajar Jurnalistik Online pada semester VI ini.

Karena sudah saling kenal dengan saya dan juga mahasiswa-mahasiswi lain angkatan Jurnalistik 2009, jadi tidak perlu diperkenalkan lagi. Pada hari itu juga, Pak Hagi menyuruh kepada semua mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Jurnalistik Online, agar membuat sebuah kelompok yang beranggotakan 5 orang. Nantinya kelompok yang sudah dibentuk, diberikan tugas oleh Pak Hagi untuk membuat sebuah Blog, yaitu WordPress. Hingga menjelang UAS semester genap nanti.

Kelompok saya sendiri beranggotakan, saya Arief Afrizal, Ridwan Ardianto, Vivi Muninggarani, Sigit Pamungkas, dan Alsulthany. Kita berlima sempat bingung untuk memberi nama blog WordPress kita dengan nama apa?. Setelah kita berunding, saya memberi ide dengan nama “NewsMaks”, karena namanya simple dan mudah diingat. Akhirnya kita sepakat dengan nama itu. pada saat itu Ridwan menjadi Pemimpin Redaksi dan saya sendiri menjadi Redaktur Pelaksana, serta yang lainnya ada yang menjadi admin, reporter, dan fotografer.

Kita berlima membagi tugas sesuai rubrik yang ada di WordPress Newsmaks, saya waktu itu kebagian untuk membahas rubrik film, gadget, agenda musik dan event, serta hangout. Karena saya mengikuti perkembangan film-film terbaru, tempat hangout di Jakarta, dan juga seputar gadget keluaran terbaru, jadinya mengerti dan menguasai apa yang akan dibahas. Saya basicnya emang suka menulis dan juga mengerti sedikit bagimana menulis naskah berita yang baik dan benar. Sampai liputan ke 2 dan ke 3, saya akhirnya kebagian untuk menjadi seorang Pemimpin Redaksi, menggantikan posisinya Ridwan, karena memang disuruh Pak Hagi untuk rolling Pemred.

Pada liputan jilid 3. Pak Hagi menyuruh semua kelompok, untuk membuat sticker dan juga banner, karena sudah memasuki tahap promosi dan juga sebentar lagi akan dilaksanakan UAS pada bulan Juni. Kita berlima dengan giatnya mendesain sebuah sticker dan banner yang cocok dengan nama NewsMaks, desain yang dibuat harus sebagus mungkin supaya menarik orang lain untuk membuka dan mengakses blog WordPress NewsMaks, sehingga nantinya jumlah hits atau pengunjung akan bertambah banyak. Memang dituntut bersaing dengan kelompok lainnya.

Kesan

Perasaan saya selama menjadi anggota dan Pemimpin Redaksi di NewsMaks, sangat senang dan merupakan pengalaman yang tak terlupakan, karena kekompakkan didalam sebuah kelompok, menjadi tolak ukur untuk menuju nilai yang baik. Bagaimana saya dan yang lainnya sempat beradu argumen, dan bagaimana menyeimbangkan pikiran dengan tugas-tugas mata kuliah lain. Memang awalnya sangat lelah dan tidak bisa membagi waktu, tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Tapi saya bisa menyiasati itu semua dengan baik. Sehingga, dapat dikerjakan tepat waktu dan sesuai dengan apa yang ditentukan oleh Pak Hagi.

Nah..biar gak penasaran dengan “NewsMaks”..buka aja nih–> www.newsmaks.wordpress.com

Follow juga Twitter NewsMaks—> @newsmaks

Sekalian add juga Fanbasenya–> Fansclub newsmaks

oh iya, jangan lupa juga follow Twitter saya @riefamouz sama FB saya Arief Afrizal

Thanks ya guys..Hope Your Enjoy Reading!!!!