JAKARTA,ariefafrizal.wordpress.com-Kadang kita suka bosan dengan kegiatan rutinitas sehari-hari, dan perlu refreshing ketika akhir pekan. Refreshing tidak perlu ke pantai atau ke luar kota, kita hanya butuh tempat untuk sekedar cuci mata atau makan-makan sambil mengobrol bersama teman-teman. Dan itu bisa dibilang sebagai tempat nongkrong, kadang kita punya tempat nongkrong favorit yang mayoritas berisi anak muda atau remaja. Ternyata di Jakarta memiliki tempat nongkrong yang cukup dikenal oleh anak muda Jakarta, salah satunya adalah daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Daerah Tebet merupakan salah satu contoh tempat favorit anak muda di Jakarta, untuk sekedar nongkrong, makan, atau berbelanja baju di Distro (Distribution Outlet). Kalau Kamu yang mengaku sebagai anak gaul Jakarta, dan suka hangout, daerah Tebet bisa menjadi tujuan hangout Kamu. Tebet sangat terkenal dengan tempat nongkrongnya yang cozy dan keren. Daerah yang terletak di antara Kampung Melayu dan Casablanca di kawasan Jakarta Selatan ini, memang selalu ramai dengan anak muda. Apalagi saat akhir pekan atau hari libur tiba, di sepanjang Jalan Tebet Utara, persisnya di belakang SMPN 115, sangat ramai sekali.

Bagi Kamu yang gemar membeli baju-baju distro, tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung. Di Tebet banyak berdiri distro-distro yang keren, letaknya tepat berada di sepanjang Jalan Tebet Utara Dalam. Lebih dari 30 distro berdiri di sini. Dan yang cukup terkenal adalah Distro Endorse, Bloop, Noin Brand, Square Inc, dan Nanonine. Menawarkan aneka model T-Shirt, Topi, Jaket, Sepatu, Celana Blue Jeans, Aksesoris, dan lain-lain. Harga yang dijual mulai dari Rp. 10.000  hingga Rp. 250.000-an. Tak berlebihan kalau dikatakan, Tebet Utara telah menjelma menjadi daerah tujuan wisata belanja di Jakarta, dan juga sajian kulinernya yang beragam.

Selain terkenal dengan distronya, Tebet juga dikenal sebagai tempat wisata kulinernya yang lengkap. Lokasinya berdekatan dengan distro-distro yang tersebar di Tebet Utara. Beragam rumah makan dan cafe ada disini, seperti Nasi Bebek Ginyo, Kebab Turki, DeJons Burger, Dikies Food & Beverage, Sushi-Ya, Burger & Grill, Ayam Bakar Mas Mono, Comic Cafe, Seven Eleven, dan lain-lain. Sebagian rumah makan, distro, dan cafe di Tebet, dimiliki oleh warga yang tinggal di sekitar daerah Tebet Utara. Mereka sengaja membuka usaha seperti itu, karena melihat peruntungan di kawasan Tebet yang sudah menjadi tujuan wisata belanja dan kuliner di Jakarta.

Untuk Kamu yang ingin ke Tebet tapi bingung mau naik kendaraan apa, tidak perlu khawatir. Kamu bisa naik Kopaja S68 atau S612 dari Kampung Melayu, bisa juga naik Mikrolet 44 dari Sudirman atau Kuningan. Lebih cepat menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya sangat strategis, karena terintegrasi dengan daerah Kuningan yang merupakan pusat bisnis terpadu. Jadi, Kamu tidak perlu bingung ketika akhir pekan mau hangout di mana, ajak saja teman-teman terdekatmu untuk nongkrong-nongkrong dan makan di daerah Tebet. Di jamin tidak akan membosankan suasananya. [arief afrizal dan vivi muninggarani]