JAKARTA, ariefafrizal.wordpress.com -Siapa tak tahu taman kota yang menjadi tongkrongan anak muda Jakarta menjelang akhir pekan? Ya, Taman Menteng namanya. Taman yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat ini memiliki luas lebih dari 2 hektar. Di dalamnya terdapat fasilitas yang terbilang lengkap untuk sebuah taman. Seperti, gedung parkir, rumah kaca, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan voley, playground untuk anak-anak, mushola, toilet, pusat jajanan, dan lain sebagainya.

Awalnya taman ini merupakan lapangan sepakbola milik klub Persija. Lama-kelamaan, karena tak sering digunakan, kemudian banyak berdiri bangunan-bangunan tak berizin maupun lapak-lapak kaki lima sehingga lapangan tersebut kehilangan fungsinya dan terlihat sangat tidak rapi. Akhirnya pada tahun 2007, oleh Pemerintah DKI Jakarta, lapangan itu kemudian direnovasi dan dialihkan fungsinya hingga menjadi taman yang cantik tempat rekreasi keluarga atau untuk sekadar nongkrong-nongkrong. Ada air mancur di beberapa tempat dan jogging track buat mereka yang suka jalan santai ataupun lari-lari kecil.

Kalau perut sudah lapar, di sekitar dan di seberang taman banyak berdiri cafe-cafe dan restaurant yang cukup terkenal, seperti yang lagi tren saat ini, yaitu Seven Eleven (7-11), J-Co, dan Restauran Sate Senayan, letaknya berada di seberang Taman Menteng. Untuk yang sedang penghematan atau irit kantong, di Taman Menteng juga ada pusat jajanan kaki lima yang berada di samping gedung parkir dan di belakang taman. Makanan-makanannya relatif murah bagi kalangan anak muda dan mahasiswa. Makanan yang dijual, misalnya bakso, ketoprak, siomay, bubur ayam, soto ayam, nasi goreng, sate, dan lain sebagainya. Bagi yang ingin minum-minuman panas seperti kopi, susu, dan teh, di dalam Taman Menteng banyak berkeliaran pedagang minuman keliling yang menggunakan sepeda, dan wara-wiri di setiap sudut Taman Menteng.

Sayangnya, fungsi taman kerap disalahgunakan oleh beberapa oknum anak muda. Ini bisa dilihat ketika Anda berada di Taman Menteng. Banyak pasangan muda yang sedang berpacaran di setiap sudut taman. Apalagi menjelang malam, mereka sibuk mencari spot-spot yang nyaman digunakan untuk berpacaran. Biasanya di bawah lampu-lampu taman yang tidak berfungsi atau menyala itulah spot favorit mereka.

Taman merupakan ruang publik yang digunakan untuk bersantai dan beristirahat. Selain itu juga sebagai penyumbang oksigen serta penangkal polusi udara. Seharusnya taman tersebut digunakan dengan baik. Lihat saja, di beberapa kesempatan tak jarang yang memanfaatkan taman tersebut sesuai fasilitas yang disediakan. Ada yang sedang berkumpul bersama komunitas, bermain futsal, atau basket. Lebih menariknya lagi, banyak yang melakukan kegiatan fotografi.

Itulah sebagian info mengenai Taman Menteng, sebuah taman yang menyenangkan untuk melakukan aktivitas ringan baik di pagi, sore, maupun malam hari. Semoga taman ini tetap terawat dengan baik dan tidak kehilangan atmosfir sehatnya sehingga bisa menjadi tempat berkumpul atau sekadar nongkrong-nongkrong bagi semua kalangan, khususnya kalangan muda. Taman Menteng dapat menjadi contoh taman yang baik bagi taman-taman lain di Jakarta dan luar Jakarta. Jagalah taman dengan baik, karena taman merupakan paru-paru kota yang harus kita pelihara. « [arief afrizal dan alsulthany]