Judul                          : Modus Anomali

Sutradara                  : Joko Anwar

Penulis skenario    :Joko Anwar

Pemain                      :

Rio Dewanto
Hannah Al Rasyid
Izzati Amara
Aridh Tritama
Surya Saputra
Marsha Timothy
Sadha Triyudha

Durasi                     : 87 menit

JAKARTA, ariefafrizal.wordpress.com –Ada satu lagi film nasional dari dalam negeri yang sedang diperbincangkan masyarakat di tahun 2012 ini. Yaitu Modus Anomali, film bergenre thriller ini mampu menyaingi kesuksesan dari film The Raid, yang sebelumnya mampu menghipnotis para penonton Indonesia dan mancanegara akan akting Iko Uwais yang sangat spektakuler. Tak ayal The Raid mampu meraih berbagai penghargaan film internasional. Begitu juga Modus Anomali.  Sebelum diputar perdana di Indonesia, film ini sudah mendapatkan beberapa penghargaan di Bucheon Award dalam ajang Network of Asian Fantastic Films (NAFF) di Korea Selatan.

Ajang tersebut merupakan bagian dari Puchon International Fantastic Film di Korea Selatan. Modus Anomali berhasil menyisihkan 23 proyek film nominator lain yang merupakan hasil seleksi sekitar 100 proyek dari mancanegara termasuk dari Amerika Serikat, Jepang, Hong Kong, Malaysia, dan Afrika Selatan. Setelah meraih penghargaan internasional, Modus Anomali akhirnya tayang perdana di Indonesia pada 26 April 2012 lalu. Film ini sontak mendapat sambutan yang cukup baik dari penonton Indonesia. Banyak yang kagum dengan sutradara Joko Anwar yang membuat jalan cerita Modus Anomali.

Adrenalin Anda akan terpacu dari awal hingga akhir film. Kita akan melihat aksi Rio Dewanto yang berperan sebagai John Evans dengan aktingnya yang terbilang sempurna. Ada sesuatu yang mengganjal dari dalam diri John Evans. Keanehan-keanehan akan Anda rasakan dari awal film. Selain Rio Dewanto, Modus Anomali juga diperankan aktor dan aktris yang cukup dikenal masyarakat, seperti Marsha Timothy, Surya Saputra, Hannah Al Rasid, Sadha Triyudha, Izzi Isman, Aridh Tritama, dan Jose Gamo. Film ini memang penuh dengan teka-teki yang harus dipecahkan, seperti susunan puzzle yang harus disatukan. Sangat memutar otak.

Dikisahkan satu keluarga sedang berlibur, di sebuah kabin di tengah hutan. Dikejutkan dengan kedatangan seorang tamu yang tak diundang, John Evans mendadak terserang amnesia. Sebelum menyadari apa yang terjadi dan mengetahui dirinya sendiri, John mendapatkan petunjuk berupa rekaman video.

Yang fantastis dari Modus Anomali adalah sound effect dan sinematografinya. Rasanya belum pernah bertemu film nasional yang bisa memanfaatkan suara dalam membangun suasana mencekam sekuat Modus Anomali. Penempatan sound effect secara maksimal, memanfaatkan kemampuan dolby digital. Saat menonton film ini kita tahu dari mana setiap gemerisik semak belukar datang, ke mana langkah-langkah kaki misterius berlalu, dan betapa malam hari di hutan itu bisa mencekam. Peran suara di film ini rasanya menjadi lebih krusial dari biasanya. Begitu pula dari segi sinematografinya, sangat alami dan seakan-akan kita ikut menjadi bagian dari film tersebut.

    Modus Anomali dibuat oleh crew yang benar-benar profesional. Terlihat dari hasil kerjanya,  hampir semua aspek teknis yang ada di Modus Anomali berakhir dengan sempurna. Modus Anomali merupakan salah satu bukti bahwa perfilman Indonesia sedang tidak berada di masa stuck. Justru kini sedang berada di masa revolusinya, saat ide dan kreatifitas sudah tidak ada batasan lagi. Jangan mengaku pecinta film Indonesia, sebelum menonton film thriller yang mencekam dan memacu adrenalin seperti Modus Anomali. [arief afrizal]